Minggu, 21 Desember 2014

Cerpen Tentang Etika Profesi

Diposting oleh My Blog di 8:56:00 PM
KERAHASIAAN


kkriiingg kkriingg kriingg......

bunyi jam yang nyaring  membangunkan dari tidurnya yang lelap
Cha Eun Sang langsung melihat jam di mejanya dan ternyata waktu telah menunjukkan pukul 05.00 pagi. ia sontak berdiri dari ranjangnya itu dan segera menuju kamar mandi bersiap mandi dan shalat subuh. Pagi ini Eun sang bangun kesiangan lagi dan terburu-buru untuk pergi bekerja. Saat di dalam kereta ia baru ingat ada berkas yang tertinggal di rumahnya, rasa kesalpun bertambah saat kereta penuh  sesak dan ia sulit untuk bergerak.
Pukul 08.00 ia tiba di kantornya di daerah Jakarta Selatan. pekerjaan Eun sang adalah seorang auditor. Sebagai auditor banyak yang harus ia kerjakan sampai-sampai sering pulang larut malam maupun pagi, kesehatannya juga kadang terganggu sehingga mudah sakit. Tapi sosok Eun sang sagatlah kuat dan bekerja keras dalam bekerja.

bruuukkk..
Tumpukan kertas-kertas dan berkas-berkas ia tempatkan di mejanya. Ia harus mengaudit laporan keuangan suatu perusahaan yang deadlinenya 2 minggu lagi. Dengan sigap ia harus segera menyelesaikan laporan keuangan tepat waktu dan  rasa lelahpun menghampiri wanita cantik itu. wajahnya melihat ke arah tangan kirinya dan dilihatlah jam 21.00, pekerjaannya belum selesai juga. Akhirnya ia membawa pulang sebagai bekal pekerjaan di rumah.

2 minggu sudah ia lewati berkutik mengaudit laporan keuangan itu dan alhamdulillah selesai tepat pada waktunya. Langsung laporan itu di berikan Eun sang ke perusahaan. Sore itu ia mendapati seorang tamu laki-laki yang umurnya terlihat lebih muda dari Eun Sang . Kedatangan laki-laki itu bertemu Eun sang karena ingin mengetahui tentang informasi perusahaan yang baru  saja ia audit, bahkan ia meminta laporan keuangan yang telah di audit. Pria itu mengaku di utus atasannya dari  perusahaan yang bersangkutan. Tanpa berfikir panjang wanita berkulit putih ini langsung memberikan informasi-informasi yang pria itu minta.

Ia baru sadar akan kerahasiaan suatu laporan keuangan saat pulang kerja menuju rumahnya.  Eun sang ternyata sudah melanggar salah satu etika profesi akuntan. Seharusnya ia tidak dengan mudah percaya terhadap orang, harus profesional dan bertanggung jawab. Setiap anggota harus menghormati kerahasiaan informasi yang diperoleh selama melakukan jasa profesional dan tidak boleh memakai atau mengungkapkan informasi tersebut tanpa persetujuan, kecuali bila ada hak atau kewajiban profesional atau hukum untuk mengungkapkannya. Dalam kode etik Etika profesi akuntan telah diatur bagaimana seharusnya para akuntan bertindak. Akan tetapi pada kenyataannya, selalu ada penyimpangan- penyimpangan yang dilakukan oleh para akuntan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review