Selasa, 15 Januari 2013

Diposting oleh My Blog di 12:02:00 PM

MASALAH KEBIASAAN DAN KESEHATAN


Masalah  yang sering dihadapi oleh dewasa muda dalam hal kesehatan, antara lain obesitas, diet, narkoba, dan merokok.

A.      Obesitas
Obesitas (obesity) adalah kelebihan berat badan sebanyak antara 10% - 20% dari berat normalnya. Orang yang gemuk umunya memiliki jumlah sel yang berbeda dengan orang yang berat badannya normal. Walaupun seseorang telah melekukan diet, jumlah selnya tetap sama,hanya sel yang mengalami penyusutan.


B.      Diet
Diet adalah cara membentuk berat badan yang normal melelui pengaturan pola aktivitas, seperti makan, aktivitas fisik, kerja, istirahat, dan olahraga. Seseorang yang mampu mengatur pola makan secara sehat akn mampu menjaga berat badannya dengan baik dan terhindar dari kegemukan. Orang yang melakukan diet dengan cara menghindari memakan daging dan banyak memakan sayur-sayuran dapat mengurangi kolestrol.


C.      Latihan Olagraga
Kegiatan berolahraga secara teratur akan memberi manfaat besar bagi seseorang. Olahraga akan membantu memperkuat otot-otot fisik, memperkuat detak jantung, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi serangan jantung, stoke, diabetes, kanker, pengeroposan tulang, serta memperpanjang usia.


D.     Penyalahgunaan Narkoba
Zat psikotropika sangatlah berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain  dan mempunyai efek samping. Macam-macam zat psikotropika : opiat, obat penenag, alkohol, ganja, amfetamin. Beberapa alasan yang mendorong seseorang mengunakan alkohol (narkoba), di antaranya : 1. Rasa ingin tau, 2. Ajakan teman, 3. Pelarian terhadap masalah, 4. Ketidakharmonisan dalam kehidupan keluarga, 5. Kuatnya jaringan narkoba. Dampak negatif bagi pecandu narkoba akan mengalami intoksinasi, yaitu terjadinya peningkatan detak jantung, tekanan darah, perdarahan, dan sampai meninggal dunia. Walaupun banyak nyawa yang melayang akibat narkoba, sampai sekarang belum ada penurunan penggunaan narkoba.


E.      Merokok
Merokok bagi sebagian orang sudah menjadi bagian hidup, laki-laki maupun perempuan mempunyai kebiasaan merokok. Banyak alasan seseorang untuk merokok, seperti : seseorang menjadi lebih tenang dan senang, dapat meredakan emosi, fisiknya menjadi rileks. Adapun tipe-tipe perokok, yaitu : perokok aktif (individu yang benar-benar memiliki kebiasaan merokok), perokok pasif(individu yang tidak merokok tetapi terpaksa harus menghisap asap rokok. Merokok dapat menggangu kesehatan, diantaranya : kanker, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan kronis. 





sumber bacaan dari buku Psikologi Perkembangan



0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review