Jumat, 17 Oktober 2014

ETIKA PEMERINTAHAN

Diposting oleh My Blog di 11:13:00 AM
ETIKA PEMERINTAHAN


Pengertian Pemerintah
                  Pemerintahan dalam arti luas adalah pemerintah atau lembaga-lembaga Negara yang menjalankan segala tugas pemerintah baik sebagai lembaga eksekutif, legislative maupun yudikatif. Dengan segala fungsi dan kewenganya. Pengertian Pemerintah  Secara etimologi, pemerintah bersala dari perkataan perintah, Pamudji ( 1995:23 ) mengartikan kata – kata tersebut sebagai berikut :
·         Perintah adalah perkataan yang bermaksud menyuruh melakukan sesuatu.
·         Pemerintah adalah kekuasaan memerintah sesuatu ngara ( daerah negara atau badan yang tertinggi yang memerintah suatu negara ).


Pengertian etika pemerintahan

Pengertian etika pemerintahan itu adalah Ajaran untuk berperilaku yang baik dan benar sesuai dengan nilai-nilai keutamaan yang berhubungan dengan hakikat manusia.


Pendekatan filsafat terhadap etika pemerintahan Negara


  1. Filsafat Idealisme Sokrates( 470-399 sM )  bahwa kebenaran dan kebaikan nilai obyektif yang harus dijunjung tinggi oleh semua orang.
  2. Filsafat  Idealisme dari Plato (namanya aslinya Aristokles, 427-347sM ). Kebenaran sejati apa yang tergam-bar dalam ide. “ Pemerintahan Negara Ideal adalah komunitas etical untuk mencapai kebajikan dan kebaikan”.
  3. Filsuf Idealisme Thomas Hobbes ( 1588-1679 ) bahwa terkenal dengan Teori Perjanjian Sosial dalam pemerintahan, Kedaulatan kekuasaan absulut dan abadi, kekuasaan itu tertinggi dibatasi dengan UU. 
  4. Filsuf Reusseauu dengan teori “ Contract Social “ . Manusia mempunyai kekuasaan dan hak secara kodrat, kekuasaan negara berasal dari negara dan negara berasal dari rakyat. Intinya pemerintah yang berkuasa tidak monarkhi absolut.

Nilai - nalai etika dalam pemerintahan

Etika pemerintahan selalu berkaitan dengan nilai-nilai keutamaan yang berhubungan dengan hak-hak dasar warga negara dalam selaku manusia sosial. Nilai-nilai keutamaan yang dikembangkan dalam etika kepemerintahan adalah :

  •  Penghormatan terhadap hidup manusia dan hak asasi manusia lainnya.
  • Kejujuran (honesty) baik terhadap diri sendiri maupun terhadap manusia lainnya.
  • Keadilan (justice) dan kepantasan, merupakan sikap yang terutama harus diperlakukan       terhadap orang lain.
  • Fortitude, yaitu kekuatan moral, ketabahan serta berani karena benar terhadap godaan 
  • Temperance, yaitu kesederhanaan dan pengendalian diri.

Peranan Etika Penyelenggaraan Pemerintahan terhadap Good Governance

Good governance merupakan tuntutan yang terus menerus diajukan oleh publik dalam perjalanan roda pemerintahan. Tuntutan tersebut merupakan hal yang wajar dan sudah seharusnya direspon positif oleh aparatur penyelenggaraan pemerintahan. Untuk penyelenggaraan Good governance tersebut maka diperlukan etika pemerintahan. Etika merupakan suatu ajaran yang berasal dari filsafat mencakup tiga hal yaitu :

  1.  Logika, mengenai tentang benar dan salah.
  2.  Etika, mengenai tentang prilaku baik dan buruk.
  3. Estetika, mengenai tentang keindahan dan kejelekan.

 Masalah Etika dalam pemerintah
Banyak sekali kasus yang berkaitan dengan penyelewengan etika organisasi pemerintah.  Salah satu contoh nyata yang masih saja dilakukan oleh individu dalam organisasi pemerintah yaitu KKN. Akan tetapi praktek korupsi sendiri, seperti suap atau sogok, kerap ditemui di tengah masyarakat tanpa harus melibatkan hubungan negara. Praktek KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) di Indonesia tergolong cukup tinggi. Contoh di bidang perbankan khususnya, keberadaan UU No. 10 Tahun 1998 ternyata tidak cukup ampuh menjerat atau membuat jera para pelaku KKN.

Kesimpulan :

Dari penjelasan yang dijabarkan di atas dapat diambil kesimpulan  Aparatur pemerintahan yang baik dan bermoral tinggi, akansenantiasa menjaga dirinya agar dapat terhindar dari perbuatan yang tidak baik. Suatu nilai etika harus menjadi acuan dan pedoman bertindak yang membawa akibat dan pengaruh secara moral.

Sumber :
http://www.academia.edu/5669081/ETIKA_PEMERINTAHAN_DAN_POLITIK
http://makalainet.blogspot.com/2014/01/etika-pemerintahan.html
http://iyasyusuf.blogspot.com/2012/03/peranan-etika-penyelenggaraan.html
http://y3dd14n.blogspot.com/2012/10/etika-pemerintahan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review