Sabtu, 11 Oktober 2014

KISAH WIRAUSAHAWAN

Diposting oleh My Blog di 2:28:00 PM
BISNIS FROZEN FOOD

Peluang Usaha Makanan Beku Chicken Nugget saat ini semakin banyak bermunculan. Siapa yang tidak mengenal Chicken nugget, makanan siap saji ini sangat disukai oleh anak anak, remaja bahkan oarang tua. Gaya hidup masyarakat saat ini adalah serba praktis dan cepat, hal ini mengubah pola konsumsi masyarakat kita yang serba instan. Makanan instan yang bisa langsung dimakan dengan cepat hanya dengan mamanaskannya. Orang dikota besar lebih memilih meninggalkan kerepotan memasak masakan dan beralih ke makanan beku yang bisa langsung di hangatkan dengan cepat atau tinggal di goreng saja. Hal ini menyebabkan peluang usaha makanan beku Chicken nugget sangat terbuka lebar, Chicken nugget merupakan produk makanan praktis yang paling laris. Ini menyebabkan banyak wirausaha yang bergerak dan mencoba bisnis dibidang makanan beku Chicken nugget ini.
Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh Fitriana Dewi sarjana ekonomi angkatan 2007 di Universitas Gunadarma yang tertarik memproduksi aneka jenis makanan beku (frozen food). Pengalamannya bekerja di sebuah perusahaan Japfa ( sosis dan so nice), sedikit banyak memberikan pengetahuan tentang seluk beluk bisnin ini. Awalnya tahun 2012 wanita 24 tahun ini bekerja sambil menjual makanan beku ini ke sekitar tetangganya. Ternyata respon yang diberikan sangat positif. Setelah tahun 2013 ia dan suaminya berniat untuk lebih menekuni usaha ini dengan tekat yang kuat dan tak takut gagal. Mereka  berbelanja di salah satu kerabatnya yang bekerja di perusahaan  Japfa  sekitar Rp. 300.000 sekali belanja. Kira-kira 4 kali berbelanja di sana ia dan suami mencari agen yang lebih dekat dengan rumah dan harga yang lebih bersaing. Akhirnya dapatlah agen di daerah Tangerang, produk yang di jual sangat banyak dan bisa delivery order.
Dalam waktu yang bersamaan mereka membeli frezeer yang paling kecil seharga Rp. 1.700.000. Seiring berjalannya waktu produk nugget sangat laris di sekitar perumahan dan perkampungan. Setelah makin berkembang usahanya frezzer yang berukuran 300 ltr di belinya. Setelah 8 bulan berjualan di rumah, fitri dan suami menyewa ruko di dekat kediaman mereka yang harga sewanya Rp.800.000/bulan yaitu di jalan aselih, Jagakarsa Jakarta Selatan. Berjualan di ruko awalnya jarang ada pembeli yang ingin mampir, tetapi mereka tidak pantang menyerah.  Lama - kelamaan banyak ibu - ibu yang membeli produk nugget itu dan reseller dari online juga mulai ada prospek. Produk Fiesta dan Champ juga sudah bisa dikirim langsung dari pabrik dan mereka mendapatkan fasilitas pinjaman frezeer dari pabrik. Beberapa bulan yang lalu ibu muda ini membeli inventaris 1 frezeer berukuran 600 ltr dan membeli domain untuk onlinenya yaitu www.agennuggetfiesta.com.
            Saat ini sudah mendapatkan link ke pabrik langsung untuk produk farmhouse, sosis bulaf, fiesta seafood dll. Baru ada 3 karyawan yang di pekerjakannya. Harga yang di jual sangat murah dibandingkan dengan supermarket - supermarket sedangkan untuk reseller mereka memberikan harga dari pabrik. Harga nugget paling murah yaitu champ 250 gr Rp. 13.000 sedangkan nugget paling mahal golden fiesta spicy wing Rp. 45.000. Keuntungan kotor yang di dapat sebesar 10% - 15% dari penjualan. Saat ini sudah masuk ke restoran dan minimarket dekat rumah dan daerah Cilandak sebagai suplier. Mereka juga menjadi suplier sosis jumbo farmhouse di Jungleland, dan orderan mereka membantu meningkatkan omset. Walau mengaku  pendapatannya dari menjual nugget belum seberapa, Fitri sangat bangga. Selain itu, bisa menghasilkan uang namun tetap memperhatikan keluarga. Kiat sukses yang ia raih karena pintar melihat peluang, berani, pantang menyerah dan tidak takut gagal. Semoga kisah sukses ini bisa memberikan manfaat dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha.


0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review