Minggu, 09 November 2014

BERSUCI

Diposting oleh My Blog di 8:54:00 PM
BERSUCI

A.                  Menyempurnakan wudhu
Berwudhu merupakan salah satu bentuk ibadah untuk menyucikan diri dari hadas kecil. Tata aturan cara berwudhu sudah di tetapkan di dalam Al-Qur’an, yakni dengan cara membasuh atau mengusap beberapa bagian anggota tubuh mulai dari membasuh tangan hingga ke kaki dengan air sambil berniat di dalam hati.wudhu bukan hanya baik dilaksanakan saat sebelum shalat, tetapi baik bagi seorang muslim jika memiliki wudhu dalam setiap keadaan. Ada beberapa keutamaan dari berwudhu, seperti :
a.          Menggugurkan dosa bersamaan dengan mengalirnya air
Ada hadis yang menjelaskan bahwa apabila seorang muslim berwudhu lalu berkumur-kumur maka keluarlah dosa-dosa dari mulutnya. Jika ia membersihkan hidung , dosa-dosa akan keluar juga dari hidungnya. Sampai dengan pada saat  membasuh kedua kaki, dosa-dosa akan keluar sampai kuku jari-jari kakinya.
b.         Menghapus dosa-dosa yang telah lalu
c.          Mengangkat derajat
d.         Menjadikan wajah putih cemerlang pada saat hari kiamat
Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a., bahwa ia pernah mendengar Rasulullah saw. Bersabda, “Sesungguhnya umatku kelak pada hari kiamat akan datang berbondong-bondong dalam keadaan putih cemerlang bercahaya karena bekas air wudhu”(HR.Muslim dan Al-Bukhari). Di duniapun wajah seorang muslim yang senantiasa menjaga wudhunya akan terlihat lebih bercahaya di bandingkan yang tidak pernah berwudhu.
e.         Menghapus dosa anatara waktu shalat

B.                  Membaca doa setelah berwudhu
Membaca doa merupakan ibadah yang paling kecil tetapi sangatlah penting. Saat selesai melakukan wudhu kitapun dianjurkan untuk membaca doa karena sangat besar pahalanyaAdapun doanya adalah  ”Asyhadu an la illaha illallah wahdahu la syarika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu” . Dalam riwayat  Al-Tirmidzi ada tambahan doa, “Allahummaj’alni min al-tawabin waj’alni min al-mutathatahhirin”. Ada yang berpendapat, apabila orang membaca doa ini setelah berwudhu, Allah akan memasang segel pada wudhunya dan mengangkatnya ke bawah ‘Arasy. Oleh karena itu kita harus membaca doa setelah berwudhu ya.

C.                  Berwudhu dalam keadaan suci
Berwudhu tak hanya dilakukan pada saat dalam keadaan berhadas kecil saja, tetapi berwudhu dalam keadaan suci lebih memiliki keutamaan dan pahala yang lebih besar.



Sumber Buku: 150 Ibadah Ringan Berpahala Besar



0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review